Minggu, 24 Juni 2012

Mencari Ide Bisnis Online

Ada PPC, ada PTC, ada Affiliasi, Ada Reseller, Ada Paid Review, ada MLM Pulsa, ada toko online, dan masih banyak lagi. Berbagai macam cara mendapatkan uang dari internet memenuhi kepala anda. Hasilnya, bingung....Maka, anda perlu mencari ide bisnis online yang cocok bagi anda. Bagaimana caranya ?

Sebelum anda memulai bisnis online, ada baiknya anda mencari ide terlebih dahulu. Sebab, ide bisnis online perlu dibuat sejak awal agar dalam menjalankan bisnis online tersebut, anda bisa leluasa, fleksibel, fokus, dan intensif.

Tanpa ide bisnis, anda hanya akan menghabiskan waktu dan uang browsing sana-sini, daftar ini-itu, dan ternyata tidak ada rupiah maupun dollar masuk ke rekening anda.

Bagaimana mencari ide bisnis yang tepat ? langkah termudah adalah melihat kemampuan anda dulu.

Berapa lama frekuensi anda terhubung dengan internet ? setiap hari ? 2 hari sekali? 1 minggu sekali ? atau satu bulan sekali ? Terhubung disini maksudnya, bahwa anda benar-benar bisa meluangkan waktu untuk mengakses internet di luar urusan lainnya. Misalnya, jika anda masih bekerja sebagai pegawai kantoran, jam berapa saja anda bisa mengakses internet secara bebas. Atau jika anda masih kuliah dan hanya bisa ke warnet seminggu sekali, berapa lama anda bisa berada di warnet.

Kemampuan tersebut perlu diperhitungkan karena tidak semua bisnis online membutuhkan waktu lama. Dan ide bisnis biasanya muncul setelah anda bisa menentukan batasan-batasan anda sendiri.

Jika anda hanya bisa mengakses internet selama 1 hari setiap minggu dengan durasi 2 jam saja, anda tidak cocok menggunakan Paid To Click (PTC) sebagai cara mencari uang di internet. sebab, PTC menuntut anda untuk selalu online setiap hari, bahkan sesering mungkin. Begitu juga jika anda tidak memiliki kemampuan menulis baik dalam bahasa inggris maupun bahasa Indonesia, anda tidak cocok berbisnis online lewat program Paid To Review. Karena, program PTR akan memberikan bayaran kepada setiap member yang melakukan review yang ditentukan oleh perusahaan PTR tersebut.

Karenanya, kenali dulu batasan yang anda miliki. Setelah itu, ide bisnis online akan lebih mudah dicari.

Setelah anda mengenali batasan-batasan yang anda miliki, tentu akan lebih mudah mencari ide bisnis online. Kali ini kita akan mencoba memetakan kebutuhan dengan kemampuan kita. Untuk awalnya, kita bagi tipe-tipe calon pebisnis dengan kondisi yang terjadi pada dirinya.

Pertama, tipe seorang karyawan kantoran yang bisa mengakses internet di kantornya tapi tidak punya waktu untuk menulis. Tipe seperti ini tidak akan maksimal jika dia menggeluti bisnis online dengan model seperti Paid Review. Sebab, paid review akan membayar sebuah hasil tulisan. Bagaimana dengan model adsense ? masih bisa, mengingat bahkan ada blog yang mampu menghasilkan uang dari adsense di blognya yang isinya copy-paste. Selain itu, tipe seperti ini lebih cocok jika dia membuka toko online, dan mempromosikannya di milis, forum, jejaring sosial, ataupun microblogging.

Kedua, tipe seorang karyawan dengan waktu akses internet terbatas tapi suka menulis. Tipe seperti ini masih cocok untuk adsense, atau menjadi seorang reseller dalam berbagai program affiliasi. Bahkan, bisnis paid review masih mungkin dijalaninya, karena program paid review tidak setiap saat memberikan tugas pada publishernya.

Ketiga, tipe full-time blogger yang punya akses internet tak terbatas tapi tidak punya kemampuan menulis. Tipe seperti ini cocok dengan bisnis online model Paid To Click, dimana dia akan dibayar untuk meng-klik sebuah iklan yang diberikan kepadanya. PTC sering disebut sebagai media pengumpul recehan karena hasilnya yang tidak banyak. Namun, untuk akses tak terbatas, bisnis online ini cukup cocok karena tidak banyak keahlian yang dibutuhkan.

Keempat, tipe part-time blogger yang akses internetnya cuma ke warnet. Tipe seperti ini bisa mengoptimalkan bisnis onlinenya jika dia aktif di forum-forum, seperti kaskus, digital point, atau imserba. Dengan kemampuan hanya bisa akses kalau ada uang, bisnisnya bisa didiversifikasi pada bisnis jasa, misalnya jasa pembuatan konten blog, atau jasa pembuatan blog, atau bisa juga jasa delivery dalam kota.

Semoga bermanfaat...

 

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More